Jumat, 23 Oktober 2015

Tegakkan Shalat Lima Waktu dan Shalat Sunnah


 Oleh : Dr.H.Sriyatin Shodiq, SH.,MA.[1]


A.  TEGAKKAN SHALAT LIMA WAKTU DAN SHALAT SUNNAH BALASANNYA SURGA FIRDAUS

-     Ibadah menegakkan shalat [baik shalat wajib dan shalat-shalat sunnah] merupakan ibadah yang paling efektif, utama, afdol, sempurna berhubungan mi’raj [ke langit], liqa’ [bertemu], [vertikal/ke atas] [hablum mina Allah] kepada hadlirat Allah swt.
-     Shalat bi makna berarti doa, dalam shalat isinya hanya doa-doa.
-     Dengan doa/permohonan doa dalam shalat, paling mudah dikabulkan Allah dalam segala hal kehidupan manusia.
-      Karena perintah ibadah shalat lima waktu adalah ibadah yang langsung dijemput oleh Rasulullah saw [peristiwa isra’ dan mi’raj], dan ibadah yang pertama kali di timbang, di hisab pada hari kiamat di akhirat nanti.


-     Ibadah shalat lima waktu cerminan kebaikan seseorang/manusia. Shalatnya baik dan sempurna semua menjadi baik, shalatnya tidak baik, semua menjadi tidak baik/buruk/jelek.
-     Oleh karenanya, perbaikilah dan sempurnakan shalatnya, dan jangan sekali-kali ditinggalkan shalatnya walaupun dalam keadaan apupun [sempit/longgar/lapang].
-     Jaminan dan balasan orang yang shalatnya baik dan sempurna [1.dijamin rezekinya, 2. mendapat ridlo Allah, 3. Balasan pahalanya berlipat ganda, 4. balasan syurga firdaus, 5. dijauhkan dan dijaga dari perbuatan dosa dan maksiat/fakhsya’ wal mungkar, 6. Hatinya bersih, suci, dan jiwanya, pikirannya tenang/sakinah ]. 
-     Orang shalat jiwanya-pikirannya tidak sakinah/tenang perlu diperbaiki dan disempurnakan shalatnya - pasti ada sesuatu hal dalam shalatnya yang tidak pas, tidak tepat, tidak benar, dan tidak sempurna.
-     Tuntunan shalat : berdiri – duduk – berbaring – isyarat badan/berdoa.
-     OLEH KARENANYA, JANGANLAH SEKALI-KALI MENINGGALKAN IBADAH SHALAT.
Dasar dan sumber hukum dari Al-Qur’an dan Hadis tentang perintah shalat
1.  Menegakkan shalat dijamin rezekinya dari Allah
QS. Thaha [20 : 132]
öãBù&ur y7n=÷dr& Ío4qn=¢Á9$$Î/ ÷ŽÉ9sÜô¹$#ur $pköŽn=tæ ( Ÿw y7è=t«ó¡nS $]%øÍ ( ß`øtªU y7è%ãötR 3 èpt6É)»yèø9$#ur 3uqø)­G=Ï9 ÇÊÌËÈ  
132. dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezki kepadamu, kamilah yang memberi rezki kepadamu, dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa.

QS. Al-Dzariyat [51:56-58]
$tBur àMø)n=yz £`Ågø:$# }§RM}$#ur žwÎ) Èbrßç7÷èuÏ9 ÇÎÏÈ   !$tB ߃Íé& Nåk÷]ÏB `ÏiB 5-øÍh !$tBur ߃Íé& br& ÈbqßJÏèôÜムÇÎÐÈ   ¨bÎ) ©!$# uqèd ä-#¨§9$# rèŒ Ío§qà)ø9$# ßûüÏGyJø9$# ÇÎÑÈ  
56. dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.
57. aku tidak menghendaki rezki sedikitpun dari mereka dan aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan.
58. Sesungguhnya Allah Dialah Maha pemberi rezki yang mempunyai kekuatan lagi sangat kokoh.
QS. Al-Syu’ara [26:78-85]
Ï%©!$# ÓÍ_s)n=yz uqßgsù ÈûïÏöku ÇÐÑÈ   Ï%©!$#ur uqèd ÓÍ_ßJÏèôÜムÈûüÉ)ó¡our ÇÐÒÈ  #sŒÎ)ur àMôÊ̍tB uqßgsù ÉúüÏÿô±o ÇÑÉÈ   Ï%©!$#ur ÓÍ_çGŠÏJム¢OèO ÈûüÍŠøtä ÇÑÊÈ   üÏ%©!$#ur ßìyJôÛr& br& tÏÿøótƒ Í< ÓÉLt«ÿÏÜyz uQöqtƒ ÉúïÏe$!$# ÇÑËÈ   Éb>u ó=yd Í< $VJò6ãm ÓÍ_ø)Åsø9r&ur šúüÅsÎ=»¢Á9$$Î/ ÇÑÌÈ   @yèô_$#ur Ík< tb$|¡Ï9 5-ôϹ Îû tûï̍ÅzFy$# ÇÑÍÈ   ÓÍ_ù=yèô_$#ur `ÏB ÏprOuur Ïp¨Yy_ ÉOŠÏè¨Z9$# ÇÑÎÈ  
78. (Yaitu Tuhan) yang telah menciptakan aku, Maka Dialah yang menunjuki aku,
79. Dan Tuhanku, yang Dia memberi makan dan minum kepadaku,
80. Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku,
81. Dan yang akan mematikan aku, kemudian akan menghidupkan aku (kembali),
82. Dan yang amat ku inginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat.
83. (Ibrahim berdoa): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh,
84. Dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian,
85. Dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mempusakai surga yang penuh kenikmatan,

QS. Hud [11 :6 ]
* $tBur `ÏB 7p­/!#yŠ Îû ÇÚöF{$# žwÎ) n?tã «!$# $ygè%øÍ ÞOn=÷ètƒur $yd§s)tFó¡ãB $ygtãyŠöqtFó¡ãBur 4 @@ä. Îû 5=»tGÅ2 &ûüÎ7B ÇÏÈ   
6. Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

Catatan :
Yang dimaksud binatang melata di sini ialah segenap makhluk Allah yang bernyawa.
Penyimpanannya: Menurut sebagian ahli tafsir yang dimaksud dengan tempat berdiam di sini ialah dunia dan tempat penyimpanan ialah akhirat, dan menurut sebagian ahli tafsir yang lain maksud tempat berdiam ialah tulang sulbi dan tempat penyimpanan ialah rahim.

QS. Al-Qashas [28:77]
Æ÷tGö/$#ur !$yJÏù š9t?#uä ª!$# u#¤$!$# notÅzFy$# ( Ÿwur š[Ys? y7t7ŠÅÁtR šÆÏB $u÷R9$# ( `Å¡ômr&ur !$yJŸ2 z`|¡ômr& ª!$# šøs9Î) ( Ÿwur Æ÷ö7s? yŠ$|¡xÿø9$# Îû ÇÚöF{$# ( ¨bÎ) ©!$# Ÿw =Ïtä tûïÏÅ¡øÿßJø9$# ÇÐÐÈ  
77. Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

QS. Maryam [19 : 31]
ÓÍ_n=yèy_ur %º.u$t7ãB tûøïr& $tB àMZà2 ÓÍ_»|¹÷rr&ur Ío4qn=¢Á9$$Î/ Ío4qŸ2¨9$#ur $tB àMøBߊ $|ym ÇÌÊÈ  
31. Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;

QS. Maryam [19 : 33]
ãN»n=¡¡9$#ur ¥n?tã tPöqtƒ N$Î!ãr tPöqtƒur ÝVqãBr& tPöqtƒur ß]yèö/é& $|ym ÇÌÌÈ  
33. dan Kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaKu, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali".

2.  Menegakkan shalat mendapat ridlo Allah

QS. Maryam [19 : 55]
tb%x.ur ããBù'tƒ ¼ã&s#÷dr& Ío4qn=¢Á9$$Î/ Ío4qx.¨9$#ur tb%x.ur yZÏã ¾ÏmÎn/u $wŠÅÊötB ÇÎÎÈ  
55. Dan ia menyuruh ahlinya untuk bersembahyang dan menunaikan zakat, dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya.
Keterangan: ahlinya menurut sebagian ahli tafsir berpendapat bahwa yang dimaksud dengan ahlinya ialah umatnya.
3.  Menegakkan shalat balasan surga firdaus
QS. Al-Mu’minun [23:1-11]
ôs% yxn=øùr& tbqãZÏB÷sßJø9$# ÇÊÈ   tûïÏ%©!$# öNèd Îû öNÍkÍEŸx|¹ tbqãèϱ»yz ÇËÈ   tûïÏ%©!$#ur öNèd Ç`tã Èqøó¯=9$# šcqàÊ̍÷èãB ÇÌÈ   tûïÏ%©!$#ur öNèd Ío4qx.¨=Ï9 tbqè=Ïè»sù ÇÍÈ   tûïÏ%©!$#ur öNèd öNÎgÅ_rãàÿÏ9 tbqÝàÏÿ»ym ÇÎÈ   žwÎ) #n?tã öNÎgÅ_ºurør& ÷rr& $tB ôMs3n=tB öNåkß]»yJ÷ƒr& öNåk¨XÎ*sù çŽöxî šúüÏBqè=tB ÇÏÈ   Ç`yJsù 4ÓxötGö/$# uä!#uur y7Ï9ºsŒ y7Í´¯»s9'ré'sù ãNèd tbrߊ$yèø9$# ÇÐÈ   tûïÏ%©!$#ur öNèd öNÎgÏF»oY»tBL{ öNÏdÏôgtãur tbqããºu ÇÑÈ   tûïÏ%©!$#ur ö/ãf 4n?tã öNÍkÌEºuqn=|¹ tbqÝàÏù$ptä ÇÒÈ   y7Í´¯»s9'ré& ãNèd tbqèOͺuqø9$# ÇÊÉÈ   šúïÏ%©!$# tbqèO̍tƒ }¨÷ryŠöÏÿø9$# öNèd $pkŽÏù tbrà$Î#»yz ÇÊÊÈ  
1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,
2. (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam shalatnya,
3. Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna,
4. Dan orang-orang yang menunaikan zakat,
5. Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,
6. Kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa.
7. Barangsiapa mencari yang di balik itu[995] maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.
8. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.
9. Dan orang-orang yang memelihara shalatnya.
10. Mereka Itulah orang-orang yang akan mewarisi,
11. (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. mereka kekal di dalamnya.
Keterangan:
-       Budak yang mereka miliki maksudnya: budak-budak belian yang didapat dalam peperangan dengan orang kafir, bukan budak belian yang didapat di luar peperangan. dalam peperangan dengan orang-orang kafir itu, wanita-wanita yang ditawan biasanya dibagi-bagikan kepada kaum muslimin yang ikut dalam peperangan itu, dan kebiasan ini bukanlah suatu yang diwajibkan. imam boleh melarang kebiasaan ini. Maksudnya: budak-budak yang dimiliki yang suaminya tidak ikut tertawan bersama-samanya.
-       Barangsiapa mencari yang di balik itu maksudnya: zina, homoseksual, dan sebagainya.

Alhamdulillah, terima kasih, semoga berguna dan bermanfaat, amin 3x.
Disambung pada pengajian yang akan datang.......




[1] Disampaikan Dr.H.Sriyatin Shodiq, SH.,MA.pada pengajian rutin Sabtu malam ba’da Magrib di Masjid         Al-Huda Pagesangan Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar